Apa itu geotextile ? Fungsi Kegunaan untuk Curing beton

Geotextile woven adalah salah satu jenis geotextile yang berbentuk anyaman, biasanya dua arah atas dan bawah. Geotextile woven diproduksi dengan mengadopsi teknik seperti tenun tekstile pakaian biasa. Geotextile woven terbuat dari silt film tape polypropylene yang penggunaannya kini tengah beredar luas di Indonesia. Geotextile Woven memberikan kuat tarik maksimal pada berat tahan minimal. Hal ini memberikan keuntungan ekonomis yang besar untuk mendapatkan tingkat keamanan struktur yang diharapkan. Selain itu, geotextile woven juga memiliki keunggulan lain, diantaranya yaitu:

  1. Struktur anyaman yang kekar (double twist)dari Geotextile Woven menjamin tidak akan mudah koyak atau robek pada saat dipasang di lapangan. Hal ini sangat penting pada saat geotextile digunakan sebagai separator atau lapisan pemisah. Karena jika material pemisah ini sudah koyak pada saat pemasangan, maka fungsi separator akan terganggu.
  2. Bentuk permukaan dari Geotextile Woven yang sangat unik memberikan koefisien geser (pull out resistance) besar ketika dipasang pada tanah kohesif sekalipun. Hal ini akan berpengaruh terhadap panjang penjangkaran yang yang diperlukan untuk aplikasi perkuatan. Semakin kasar permukaan, maka panjang penjangkaran semakin pendek demikian juga sebaliknya. Alhasil, ini akan memberikan keuntungan ekonomi yang signifikan.
  3. Kandungan carbon black sebagai uv stabilizer pada saat pembuatan silt film sebagai bahan Geotextile Woven memberikan ketahanan yang cukup lama sampai ditimbun atau tertutup oleh vegetasi. Faktor ini sangat tidak penting karena jarang pada aplikasi-aplikasi tertentu material ini harus dibiarkan terekspose sinar matahari dalam waktu cukup lama.

Kunjungi http://geobintaro.info

user1

About user1

No Comments

Leave a Reply